Entri Populer

Calsium in Morning

Assalamualaikum..

Dalam artikel ini saya akan sedikit membahas hubungan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Seperti biasa, setiap pagi kita melaksanakan solat subuh, namun untuk mengerjakan secara berjamaah akan sangat berat dilaksanakan, pengalaman neh, hehe.. Sebenarnya Islam telah mengkonsep semuanya untuk keuntungan manusia, jadi apa hubungannya solat subuh dengan kalsium?? Sebenarnya jika kita sadari banyak manfaatnya yang mungkin belum kita ketahui. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan jika kita dapat bangun pada pagi hari, lebih tepatnya di waktu fajar untuk solat subuh berjamaah di masjid..




Dikala subuh suasana sangat sejuk penuh embun, gelombang resonansi semakin jelas, yang dapat merefresh sel-sel terutama, sel otak. kemudian pada saat kita berangkat ke masjid, badan akan menjadi lebih dinamis, dan embun-embun sejuk itu akan menyentuh kulit, meresap dan akan menguatkan tulang kita. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh manusia. Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak Juga dalam embun pagi udara yang fresh akan membuat saluran darah yang membawa ion Ca semakin efektif mengantarkan ke seluruh tubuh, karena fungsi Ca tidak hanya untuk tulang dan gigi, namun ke semua organ. Tanpa kalsium yang 1% ini, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, transmisi saraf terganggu, dan sebagainya.




Penyusun utama tulang sesungguhnya adalah mineral tulang yang mengandung kalsium (Ca) & fosfor (P), dan protein yang disebut kolagen. Struktur tulang mirip beton untuk bangunan atau jembatan. Komponen kalsium dan fosfor membuat tulang keras dan kaku mirip semen, sedang serat-serat kolagen membuat tulang mirip kawat baja pada tembok.

Tulang adalah jaringan hidup yang harus terus diperbaharui untuk menjaga kekuatannya. Tulang yang tua selalu dirusak dan digantikan oleh tulang yang baru dan kuat. Bila proses ini, yang terjadi di permukaan tulang (peremajaan tulang) tidak terjadi, rangka kita akan rusak karena keletihan ketika kita masih muda. Ada 2 jenis sel utama dalam tulang, yakni osteoklast (yang merusak tulang) dan osteoblast (yang membentuk tulang baru). Kedua sel ini dibentuk dalam sumsung tulang. 

Dan fungsi kalsium tidak hanya di butuhkan untuk tulang dan gigi saja, namun kalsium juga dibutuhkan untuk seluruh organ kita, dan proses yang terjadi seperti dalam tubuh kita, seperti saat mata berkedip, jantung berdetak, dalam sel sperma, dan banyak lainnya. Jadi semuanya membutuhkan ion Ca, dan jika kita kurang konsumsi susu kalsium, maka tulang akan semakin mengecil dan keropos. Namun jangan khawatir bagi Anda yang rajin solat subuh berjamaah, kepadatan dan fungsi kalsium dalam tulang akan semakin maksimal.

Dari segi ekonomi manfaat solat subuh berjamaah salah satunya adalah untuk meningkatkan rezeki, seperti pepatah mengatakan 'bangun siang, rezeki di patok ayam' sebenarnya pepatah itu tepat sekali jika kita memahaminya lebih arif. Jika kita tidak mau kehilangan rezeki akibat dipatok ayam, maka kita harus bangun lebih pagi dari waktu ayam biasa berkokok, yaitu sekitar jam 3.. Apa ada rezeki saat itu? tentu kita tidak menyadari, karena rezeki itu bisa kita dapat melalui solat tahajud dan seterusnya hinggga masuk waktu Subuh.
Subhanallah..

LinkWithin

Chemistry for better life